Penyebab Sakit Kepala Belakang Sebelah Kiri & Sebelah Kanan Bawah Dan Cara Mengatasi

Sebelum kita mengetahui penyebab sakit kepala belakang, nampaknya kita perlu mengetahui lebih dulu beberapa jenis tempat sakit kepala belakang, yakni sebelah kiri dan sebelah kanan. Posisi dari rasa sakit ini untuk membedakan termasuk jenis sakit apakah dari posisi tersebut?

Ini Dia Penyebab Sakit Kepala Belakang Sebelah Kiri dan Kanan bawah

Penyebab sakit kepala belakang ada yang terletak di belakang sebelah kiri maupun kanan, kedua bagian sakit kepala tersebut kerap kita sebut migrain. Migrain yang dialami oleh setiap orang sebenarnya berbeda letak dan penyebabnya

Apa Penyebab Sakit Kepala Belakang Sebelah Kiri dan Kanan Bawah

Penyebab Sakit Kepala Belakang Sebelah Kiri & Sebelah Kanan Bawah Dan Cara Mengatasi

Nah, apa penyebab sakit kepala belakang di bagian kanan dan kiri tersebut? Berikut akan kita bahas bersama-sama berbagai macam penyakit akibat sakit kepala belakang bagian kiri dan kanan bawah.

A. Sakit Kepala Sebelah Kiri

1. Sinusitis
Salah satu sakit kepala yang berasal dari lapisan sinus di bagian kepala seperti infeksi, radang atau alergi. Penyakit ini disebabkan oleh virus atau bakteri. Penyakit ini sering dianggap sepele oleh sebagian orang, padahal Ia sering menyebabkan rasa sakit di sebelah kiri kepala anda.
2. Tension Headache
Penyakit yang satu ini kerap melanda orang dewasa, pada wanita lebih banyak / sering mengalaminya daripada laki-laki dimana penyebabnya salah satunya adalah stress. Tension Headache dapat muncul secara periodik, yakni dalam kurun 15 hari dalam sebulan atau harian kronis, lebih dari 15 hari sebulan. Nyeri yang berlangsung sendiri bisa dalam bentuk nyeri konstan, ringan hingga sedang. Setiap kali nyeri berkisar antara 30 menit sampai beberapa hari dan kerap terjadi pada siang hari.
Adapun tension headache kronis dapat timbul dalam jangka waktu yang lebih lama, umumnya rasa sakit berdenyut dan mempengaruhi bagian depan, atas dan sisi kepala, sampai-sampai mempengaruhi keseimbangan, penglihatan dan kekuatan. Sekalipun gangguannya besar, tetapi tak sampai membuat seseorang itu kehilangan aktivitasnya
Tidak ada penyebab utama dari tension headache, selain itu penyakit ini juga bukan penyakit turunan, tetapi lebih banyak disebabkan oleh otot-otot yang menegang di sekitar belakang leher dan kulit kepala.
3. Tumor Otak
Tumor otak salah satu penyebab sakit kepala, rasa sakit itu bisa di bagian kiri maupun kanan tergantung dari letak tumornya itu sendiri. Tumor itu akan terasa semakin nyeri dan sakit dikarenakan semakin besar hingga memenuhi rongga otak, bahkan menyebabkan sakit kepala sebelah.
4. Sakit Kepala Klapster
Ada yang mengatakan sakit kepala klaster adalah sakit kepala turunan, tetapi sebenarnya penyebabnya karena banyak mengonsumsi alkohol, narkoba, hingga merokok, hingga terkena cahaya yang menyilaukan. Penyakit ini menyebabkan sakit kepala di sebelah kiri yang durasinya mulai dari 2 menit hingga 3 jam.
5. Sakit Kepala Stroke
Sakit kepala stroke diakibatkan karena tersumbatnya aliran yang ada di otak, otak menjadi kekurangan nutrisi dan oksigen hal ini karena pola hidup yang buruk, mengakibatkan kolesterol dan lain sebagainya. Ketika otak kekurangan asupan nutrisi dan oksigen terkadang menyebabkan kelumpuhan, hingga sulit bicara. Jika rasa sakit itu terasa dari sakit yang sebelah kiri, maka kelumpuhan terjadi di anggota tubuh bagian kanan, begitu pula seterusnya.

B. Sakit Kepala Sebelah Kanan Bawah

Selain sebelah kiri, rasa sakit kepala juga bisa berasal dari kanan bawah, untuk penyebabnya sendiri bermacam-macam, termasuk gejalanya yang timbul, nah seperti apakah jenis dari sakit kepala sebelah kanan bawah?
1. Migrain Kronis
Migrain kronis terjadi karena sensitivitas pada cahaya dan suara, saat kambuh penderitanya akan merasakan denyut sakit yang berulang-ulang, dan semakin parah, yang apabila hal ini diteruskan akan mempengaruhi aktivitas fisik. Penderita migrain kronis bisa merasakan sakit yang berkepanjangan, yang tidak dapat disembuhkan kecuali dengan beristirahat, jika tidak aktivitasnya akan semakin memburuk. Bila anda sering mengalami sakit kepala migaren coba lihat Obat Migrain di Apotik Generik, Paten Dan Dengan Jahe Yang Ampuh ini.

2. Hemicrani Continua
Sesuai dengan namanya sakit kepala yang satu ini biasanya terjadi bisa di kanan dan di kiri, umumnya penderitanya merasakan sakit kepala yang parah, saking parahnya sampai mengakibatkan hidung tersumbat dan mata memerah.

C. Lantas Apa Penyebab Utamanya?

Memang tak semua penyakit kepala sebelah, entah kanan dan kiri selalu berkaitan dengan penyakit serius, tetapi dipicu juga dari kebiasaan hidup sehari-hari, misalnya saja stress, aktivitas pekerjaan yang menumpuk dan beban hidup lainnya. Secara khusus apa sebenarnya penyebab utamanya?

1. Perubahan hormon
Tak semua wanita merasakan yang demikian, tetapi sebagian wanita memiliki kondisi tubuh yang demikian, apabila terjadi perubahan hormon, entah itu karena tengah menstruasi atau berbadan dua (hamil) ada yang mengalami rasa sakit kepala sebelah seperti ini, namun tak perlu cemas, dengan penanganan cara tertentu bisa menghilangkannya, misalnya saja tidur, atau banyak minum air putih atau diselingi dengan buah-buahan segar, semua tergantung dari faktor pemicunya

2. Stress
Salah satu jenis silent killer alias pembunuh berdarah dingin yang bisa membunuh manusia secara perlahan-lahan. Akibat stress bisa bermacam-macam, salah satunya adalah tersumbatnya darah ke otak, jika darah ke otak sudah tersumbat, akibatnya bisa bermacam-macam, mulai dari sakit kepala sebelah, sampai yang stroke. Karena itu pola hidup sehat, rileks dan banyak mendekatkan diri kepada Tuhan adalah salah satu kunci untuk hidup bertahan lebih lama.

3. Hipoglikemia (Darah Rendah)
Jika kelebihan kadar gula dalam darah bisa berbahaya, begitu pula sebaliknya dalam keadaan kadar gula yang rendah juga berbahaya. Tiap manusia membutuhkan asupan gula kurang lebih sekitar 80 gram setiap harinya, kurang dari itu bisa mengakibatkan penyakit, salah satunya kepala menjadi pusing atau mungkin sakit kepala sebelah. Yang sering terjadi apabila kita belum terbiasa berpuasa, salah satu efeknya adalah kepala terasa pening, hingga sakit kepala sebelah, hal ini karena pasokan gula yang sangat rendah sehingga kepala rawan sakit kepala sebelah.

4. Dehidrasi
Mungkin banyak orang yang meremehkan kebiasaan minum 8 liter dalam sehari, orang akan mengatakan bisa kembung dan lain sebagainya. Ketahuilah sebagian asupan otak, terdiri atas air dan oksigen, kurang dari 8 liter sehari akan terjadi perubahan dalam tubuh manusia, salah satunya adalah ketidakmampuan tubuh mengasup banyak cairan minuman, yang terjadi, tubuh akan menjadi tidak bertenaga, dan mengambil cairan dari organ-organ lainnya. Salah satu faktor penyebab sakit kepala salah satunya adalah kurangnya cairan didalam tubuh.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Belakang Sebelah Kiri& Sebelah Kanan Bawah

Setelah kita mengetahi apa faktor yang menyebabkan  Sakit Kepala Belakang maka beranjak kita atasi sakit kepala bagian belakang ini dengan mudah :

1. Pijat Kepala
Cara Mengatasi Sakit Kepala Belakang tanpa obat pertama adalah dengan Pijat refleksi.Rasa sakit kepala bisa hilang bila dibantu dengan sebuah pijatan lembut. Gunakan ujung jari Anda untuk menggosok bagian belakang leher, pelipis, kulit kepala dan bahu. Untuk hasil maksimal, Anda bisa meminta bantuan seseorang untuk memijat Anda.

2. Mendinginkan Kepala
Cara Mengatasi Sakit Kepala Belakang tanpa obat keuda dengan trapi mendinginkan kepala, Sebagian besar orang menemukan cara untuk menghilangkan sakit kepala paka tips mendinginkan kepala. Jika anda mengalami sakit kepala seperti migran caranya bungkus beberapa es batu di handuk kering, lalu letakkan diatas dahi anda selama lima belas (15 ) menit, setelah itu lepaskan selama lima belas (15 ) menit. Lakukan berulang kali hingga rasa sakit mereda.

3. Menghangatkan Diri
Cara Mengatasi Sakit Kepala Belakang tanpa obat ketiga. Sakit kepala dapat juga dihentikan dengan rasa hangat, terutama yang disebabkan ketegangan otot pada bagian leher dan bagian belakang kepala. Ambil sekantong air hangat lalu letakkan di leher dan bagian belakang kepala. Cara lainnya Anda bisa mandi dengan pancuran air hangat serta membiarkan air mengalir dibagian belakang leher.

4. Tidur
Cara Mengatasi Sakit Kepala Belakang tanpa obat dgn menidurkan bada, Terkadang tidur dapat untuk membantu mengatasi sakit kepala apalagi sakit kepala migrain. Anda sendiri tinggal cari tempat yang dianggap tenang untuk berbaring dan matikan lampu. Gunakan tidur Anda dengan perasaan tenang.

Nah, demikian beberapa obat dan jenis penyebab sakit kepala belakang dan berbagai macam ciri-cirinya dari www.obatpusings.blogspot.com, agar semua manusia yang membutuhkan sehat, bisa membacanya dan mengenalinya lebih jauh, hal ini penting agar setelah mereka mengenal gejalanya telah mengetahui apakah penyakit mereka berbahaya sehingga harus memaksanya ke dokter, atau perlu dengan penanganan-penanganan non medis yang tetap aman dan tidak perlu menguras banyak biaya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Penyebab Sakit Kepala Belakang Sebelah Kiri & Sebelah Kanan Bawah Dan Cara Mengatasi