Cara Mengatasi Kepala Terasa Berat dan Leher Kaku Saat Bangun Tidur Pagi Hari atau Siang Hari

Ketika beraktivitas namun kepala terasa berat dan juga leher terasa kaku kita perlu segera mencari solusinya. Pusing atau sakit kepala yang terasa berat memang dapat mengganggu jadwal kegiatan maupun aktivitas keseharian kita. Tak jarang kita harus beristirahat sejenak untuk memulihkan kondisi.
Namun apabila yang kita rasakan adalah kepala terasa berat ketika bangun tidur, tentunya kita harus melakukan sesuati agar hal ini tidak terjadi secara terus menerus. Biasanya kepala yang terasa pusing dan terasa berat tersebut jika lama-lama dibiarkan akan menimbulkan rasa mual maupun muntah.

Cara Mengatasi Kepala Terasa Berat dan Leher Kaku Saat Bangun Tidur Pagi Hari atau Siang Hari

Ya, dalam artikel ini akan dibahas beberapa penyebab kepala terasa berat di bagian belakang serta terasa melayang juga leher kaku campur pusing.

Ada banyak sekali penyebab kepala terasa berat serta leher terasa kaku. Berikut ini beberapa penyebab kepala terasa berat dan leher terasa kaku terutama setelah bangun tidur.


Cara Mengatasi Kepala Terasa Berat dan Leher Kaku Saat Bangun Tidur Pagi Hari atau Siang Hari

Penyebab kepala terasa berat dan cara mengatasinya

1. Banyak beban pikiran
kepala terasa berat dan pusing kebanyakan orang adalah disebabkan pikiran yang banyak. Tidak bisa dipungkiri bahwa manusia memiliki masalah dan beban pikiran masing-masing. Hal ayang pertama yang menyebabkan kepala menjadi berat dan lehera terasa kaku yaitu banyaknya beban pikiran, banyaknya tekanan yang dihadapi, atau stres yang berlebihan. Hal ini jika dibiarkan berlama-lama maka akan membuat sakit kepala.

Keadaan di atas dapat menyebabkan otot dan syaraf menjadi kaku dan juga tegang. Karena itu agar hal tersebut tidak berlangsung lama maka harus dicari solusi. Kita dapat mengurangi beban pikiran tersebut dengan refreshing di tempat yang disukai.
Kita dapat pergi ke tempat wisata, menenangkan diri, atau berkumpul dengan keluarga tercinta. Dapat juga kita share dengan sahabat yang kita percaya untuk berbagi dan mendapatkan solusi yang tepat.

2. Lapar
Rasa lapar yang berlebihan dapat menjadikan gangguan pada otot leher sehingga menjadi tegang serta rasa pusing di kepala. Solusi yang dapat kita lakukan yaitu dengan makan ketika merasa lapar. Makan secara teratur juga dapat mengurangi rasa pusing di kepala.

3. Lelah
Aktivitas seharian dengan jadwal yang padat akan membuat kita merasa lelah. Ketika seseorang merasa kelelahan tak jarang yang merasakan kaku di leher disertai dengan kepala yang berat. Karena itu dalam melakukan aktivitas sebaiknya kita tidak memaksakan diri untuk melanjutkannya.

Jika sudah merasa kelelahan dan kepala terasa berat dan badan lemas satu-satunya jalan harus beristirahat yang cukup. Dengan istirahat yang cukup maka rasa lelah akan berkurang serta stamina dapat kembali membaik.dengan jalan-jalan bisa terasa rilek kembali yang utama bisa mengatasi kepala terasa berat dan ngantuk.

4. Poisi tidur yang kurang tepat
Penyebab kepala terasa berat dan leher kaku adalah Posisi tidur yang salah juga menjadi penyebab leher yang kaku serta kepala yang berat ketika bangun. Karena itu ketika kita akan tidur sebaiknya kita mengambil posisi yang nyaman untuk mengurangi rasa tegang di leher dan rasa berat di kepala. Apabila ketika bangun tidur kepala malah terasa berat dan leher kaku maka sebaiknya kita beristirahat sebentar untuk memulihkan kondisi.

Dapat juga kita lakukan cara lain seperti memijat-mijat bagian leher atau menggosokkan minyak kayu putih maupun sejenisnya pada leher. Cra ini akan membantu mengurangi rasa sakit di leher dan kepala.

5. Panik
Faktor penyebab berikutnya yaitu panik secara tiba-tiba. Keadaan ini juga dapat menyebabkan leher kaku dan juga kepala terasa berat dan melayang. Panik yang secara tiba-tiba seseorang dapat merasa mual maupun otot-otot yang menegang. Karena itu untuk menghindari rasa panik secara tiba-tiba ini kita harus selalu berfikir posotif.

6. Kolesterol tinggi
Kepala terasa berat dan juga leher terasa kaku dapat juga disebabkan oleh kolesterol yang tinggi. Kita harus memperhatikan makanan yang kita konsumsi baik jumlahnya maupun jenisnya. Kolesterol yang tinggi tidak boleh disepelekan. Memperbanyak konsumsi buah-buahana dan sayur-sayuran merupakan salah satu cara untuk menghindari kolesterol yang tinggi.

Tips Mengatasi Kepala Terasa Berat dan Leher Kaku

Cara mengatasi kepala berat dan juga leher yang kaku bermacam-macam. Berikut ini beberapa cara yang dapatt digunakan untuk mengatasi kepala terasa berat dan leher yang kaku agar kembali membaik.

1. Mengompres dahi serta leher
Cara pertama yang dapat kita lakukan yaitu dengn mengompres dahi serta leher. Kita dapat mengompres dahi dan leher dengan menggunakan air dingin maupun air yang hangat. Caranya cukup mudah.
Pertama kita siapkan terlebih dahulu kain yang embut kemudian kita siapka air dingin maupun air hangat. Rendam kain tersebut di dalam air kemudian peras dan gunakan untuk mengompres dahi serta leher. Lakukan selama beberapa menit agar rasa kaku di leher dapat berkurang.

2. Melakukan teknik relaksasi
Cara yang kedua yaitu melakukanteknik relaksasi. Ada banyak teknik yang dapat dilakukan agar tubuh menjadi rileks dan otot-otot tidak merasa tegang. Teknik relaksasi tersebut diantaranya yaitu yoga, meditasi, maupun dengan cara pijat. Cara ini akan bermanfaat bagi yang kepalanya terasa berat serta leher terasa kaku. Tidak hanya itu saja yang berkurang, kita juga akan mendapatkan kenyamanan pada tubuh karena otot-otot tidak tegang.

3. Pola hidup yang sehat
Memperhatikan pola hidup yang dijalani adalah suatu hal yang penting. Sebab dari kebiasaan hidup itulah kita dapat mengetahui secara umum sehat atau tidaknya tubuh kita. Berolahraga secara teratur, memakan makanan yang sehat seperti buah-buahan serta sayur-sayuran merupakan salah satu contoh pola hidup yang sehat.

Dengan melakukan pola hidup sehat maka kemungkinan-kemungkinan yang terjadi seperti kepala terasa berat serta leher terasa kaku akan diminimalisir. Sebab dengan pola hidup sehat kita akan melakukan segala sesuatu secara teratur, seperti jam tidur, bangun, olahraga, jadwal makan dan menu, maupun waktu-waktu yang lain yang dilakukan sesuai dengan waktunya.

4. Pengecekan ke dokter
Namun jika kepala terasa berat di bagian belakang serta leher terasa kaku selama kurang lebih satu minggu sebaiknya kita segera melakukan pengecekan ke dokter agar diperiksa lebih lanjut. Sebab sakit kepala yang dibiarkan secara terus menerus akan mengganggu aktivitas serta jadwal kegiatan yang kita lakukan.
Dengan pergi ke dokter lebih dini maka kita juga akan mengetahui deteksi lebih dini apabila kita mengalami suatu penyakit atau hal lain yang tidak kita inginkan. Selain itu solusi yang diberikan juga akan lebih tepat.
Kepala terasa berat serta leher terasa kaku yang terjadi setelah bangun tidur memang terlihat sepele dan menjadi hal yang biasa. Namun kita tidak boleh menganggapnya sepele apabila hal ini terjadi setiap hari dan secara terus menerus. Baca juga Ciri Ciri Vertigo, Penyebab, Dampak Sesuai Jenisnya.

Karena itu sangat penting kita mengetahui penyebabnya agar mendaatkan solusi serta cara yang tepat untuk mengatasinya. Jika penyebabnya adalah hal yang wajar, kita dapat menggunakan beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut seperti yang telah disebutkan di atas. Demikian beberapa ulasan yang terdiri dari penyebab serta cara mengatasi kepala terasa berat serta leher terasa kaku terutama setelah bangun tidur semoga dapat bermanfaat bagi kita semua ahirkata dari www.obatpusings.blogspot.com wassalam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Mengatasi Kepala Terasa Berat dan Leher Kaku Saat Bangun Tidur Pagi Hari atau Siang Hari