Jenis Jenis Sakit Kepala Dan Ciri Cirinya dan Apa Penyebabnya Secara Medis


Jenis Sakit Kepala – Siapa yang tidak pernah mengalami sakit kepala, rasanya tidak ada. Cuma, tidak semua orang pernah mengalami sakit kepala yang berbeda lokasinya. Ya, jenis sakit kepala memang cukup banyak yang juga mempengaruhi area tertentu dengan disertai rasa sakit atau nyeri yang baru bisa hilang dalam hitungan jam, bahkan membutuhkan hitungan hari. Sakit kepala adalah sakit yang wajar dan lazim.

Ciri-ciri sakit kepala dan jenisnya pun juga bisa dengan mudah didiagnosis. Tetapi, agar bisa mendapatkan perawatan yang tepat, anda harus mencari tahu terlebih dahulu jenis sakit kepala yang menyerang anda. Banyak pasien mengeluhkan bahwa sakit kepala yang mereka derita tidak kunjung sembuh. Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan perawatan yang dijalani oleh mereka sendiri masih kurang tepat untuk jenis sakit kepala yang ia derita. Untuk itu, disarankan agar segera menghubungi dokter, terlebih saat sakit kepala yang diderita tak kunjung sembuh dengan perawatan yang anda jalani.

Jenis Jenis Sakit Kepala Dan Ciri Cirinya dan Apa Penyebabnya Secara Umum

Umumnya, sakit kepala digolongkan menjadi dua kategori umum. Pertama, sakit kepala bisa muncul karena aktifitas. Aktifitas yang padat bisa menjadi salah satu penyebab sakit kepala. Kedua, sakit kepala terus-menerus yang biasanya menandakan adanya penyakit serius yang sedang berkembang dalam tubuh kita. Tetapi, berdasarkan forum internasional yang berkaitan dengan sakit kepala yang juga dikenal dengan sebutan International Headache Society menyebutkan bahwa ada tiga golongan sakit kepala yaitu sakit kepala primer, sekunder dan terakhir adalah sakit kepala akibat saraf. Berikut informasi lebih lengkap tentang Macam-macam Sakit Kepala, ciri-cirinya dan apa penyebabnya.

Jenis Jenis Sakit Kepala Dan Ciri Cirinya dan Apa Penyebabnya Secara Medis

Jenis Sakit Kepala , Ciri-Ciri dan Penyebabnya


1. Migrain
Jenis sakit kepala ini yang paling sering muncul pada banyak orang. Migrain juga dikenal dengan sakit kepala sebelah. Seperti namanya, Jenis Sakit Kepala ini terjadi dan menyerang di sebelah kiri saja atau di sebelah kanan saja. Ciri-ciri dari jenis sakit kepala ini adalah sebagai berikut:
- Adanya gangguan penglihatan atau mata berkunang-kunang
- Mual bahkan sampai muntah,kondisi sakit kepala dan mual ini juga merupakan salah satu gejal migrain
- Tidak nafsu makan
- Mengalami sensitifitas yang tinggi pada cahaya
- Bisa berlangsung hingga 24 jam

Untuk penyebabnya, sakit kepala jenis ini bisa terjadi karena pengaruh dari luar tubuh, misalnya karena kelelahan sampai akhirnya mudah stress. Stress yang kemudian bertumpuk dan berlebihan akan membuat sensasi sakit kepala muncul. Selain itu, penyebab lainnya adalah pengaruh cuaca, masalah hormonal dan mengkonsumsi makanan tertentu yang memicu migrain.

Untuk mengatasinya, pola hidup harus segera diubah. Pastikan tubuh mendapatkan jam istirahat dalam pekerjaan yang cukup banyak, sehingga anda pun tidak mudah merasa beban berat dalam beraktifitas atau bekerja sehingga resiko terkena stress pun bisa berkurang.

2. Cluster
Jenis Sakit Kepala ini lebih sering terjadi pada pria. Jadi, untuk wanita kasusnya cukup jarang ditemui, walaupun wanita bisa saja terkena sakit kepala jenis ini. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:
- Terjadi secara periodic dan bisa terulang pada waktu tertentu
- Bisa terjadi ketika anda bangun tidur di waktu tertentu, misalnya siang atau sore hari.
- Hidung tersumbat disertai keluar air mata dan perasaan gelisah.

Penyebab dari sakit kepala jenis ini adalah karena mengkonsumsi alkohol dan rokok. Jika sering terjadi sakit kepala tersebut, maka bisa menjadi pertanda bahwa bagian otak yang bekerja untuk mengatur pembagian waktu sedang bermasalah.

3. Tension
Jenis Sakit Kepala lainnya adalah tension. Sakit kepala ini merupakan hasil dari akibat adanya tekanan dari luar. Biasanya, penyakit ini kerap menyerang orang yang bekerja dan harus duduk selama berjam-jam. Sehingga, otot-otot di area leher serta kepala menjadi lebih mudah tegang. Meskipun jenis dari sakit kepala ini tidaklah parah, tetapi hal tersebut sangatlah mengganggu aktifitas yang akan anda jalani. Berikut beberapa ciri-ciri sakit kepala tension:
- Sakit kepala ini lebih sering menyerang bagian alis dan dahi sebab terjadi karena adanya akumulasi ketegangan di bagian otot dahi, leher dan kepala.
- Tidak ada gejala lain yang muncul

Seperti yang sudah disebutkan, penyebab dari sakit kepala jenis ini adalah karena adanya otot yang tegang di bagian leher dan kepala, juga dahi. Untuk itu, jika anda harus duduk berjam-jam untuk bekerja dan tidak ingin mendapatkan serangan sakit kepala jenis ini, sebaiknya anda beristirahat setiap dua jam. Misalnya dengan bergerak kesana-kemari walau tidak melakukan apapun. Atau, anda bisa beristirahat sejenak untuk memijat bagian kepala, leher dan dahi supaya otot tidak mudah tegang.

4. Infeksi
Sakit kepala juga bisa muncul karena infeksi. Infeksi membuat beberapa area tubuh mengalami peradangan dan nyeri termasuk di bagian kepala. Misalnya, infeksi meningitis. Infeksi ini akan memberikan rasa sakit yang benar-benar hebat di kepala dan cukup berbahaya untuk kesehatan anda. Sehingga, ketika sakit kepala tersebut kerap menyerang, anda dianjurkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Jika sudah diketahui bahwa Jenis Sakit Kepala yang anda alami adalah karena infeksi meningitis, maka anda harus segera melakukan pengobatan yang tepat untuk melakukan penanganan sejak dini.

Ciri-ciri yang ada jika terkena sakit kepala karena infeksi meningitis adalah:
- Muntah
- Demam
- Nyeri di tenggorokan
- Badan terasa kaku
- Nyeri hebat di kepala

5. Tumor
Jenis Sakit Kepala yang berbahaya juga bisa dikarenakan adanya tumor. Tumor yang ganas dan berkembang cepat mampu memberikan rasa sakit kepala yang benar-benar berat. Tidak hanya itu, sakit yang dihasilkan cenderung terasa di seluruh tubuh. Berikut ciri-ciri sakit kepala yang disebabkan oleh tumor ganas:
- Muncul infeksi telinga dan juga rematik
- Disertai kejang-kejang
- Mudah lemah
- Mengalami gangguan penglihatan
- Sakit kepala terasa hebat
Baca juga: Info Pencegahan dan Obat Penyakit Vertigo di Apotik Sampai Sembuh

Nah, itulah semua informasi lengkap tentang Jenis Sakit Kepala yang paling sering terjadi baik untuk wanita dan laki-laki. Pada dasarnya, sakit kepala bisa disebabkan karena cara kita yang kurang baik dalam menjalankan pola hidup. Atau, jika memang pola hidup sudah baik maka penyebab lainnya adalah adanya penyakit serius yang sedang bersarang di dalam tubuh anda.

Semua Jenis Sakit Kepala memiliki ciri-ciri atau gejala yang berbeda. Sehingga, penanganan yang dibutuhkan pun juga tak sama. Akan sangat disarankan jika anda tidak langsung meminum obat penghilang sakit kepala atau pereda nyeri karena sakit kepala. Sebaiknya, anda harus mencari tahu penyebabnya terlebih dahulu. Jika anda memang benar-benar kelelahan dan memaksakan diri untuk melakukan aktifitas, artinya sakit kepala tersebut muncul karena tubuh sedang dalam kondisi yang stress dan butuh istirahat. Jika demikian, maka anda harus segera membaringkan tubuh, mencari tempat yang tenang dan gelap. Atau, jika tanpa sebab anda sering merasa sakit kepala yang hebat dan semakin kuat intensitasnya, maka sebaiknya segera periksa ke dokter. Sekian saja dari kami www.obatpusings.blogspot.com, Semoga membantu!

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Jenis Jenis Sakit Kepala Dan Ciri Cirinya dan Apa Penyebabnya Secara Medis